Detail Berita Johorejo

Nah Loh.... Aplikasi PeduliLindungi Akan Digunakan Untuk Digitalisasi Data Imuninsasi

repro sehatnegeriku.kemkes.go.id

KENDAL, Sabtu, 14 Maret 2022.

Dikutip dari lama pedulilindungi.id, PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Belakangan, aplikasi PeduliLindungi disebut-sebut melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) menurut Laporan Departemen Luar Negeri Amerika. Hal ini karena aplikasi melanggar privasi pergerakan masyarakat dan pengambilan data pribadi tanpa izin.

Yang jelas Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dan Menko Polhukam, Mahfud MD sudah membantah keras jika aplikasi PeduliLindungi melanggar HAM, bahkan aplikasi PeduliLindungi merupakan instrumen yang digunakan pemerintah untuk melindungi rakyatnya dari pandemi COVID-19.

Aplikasi PeduliLindungi yang sukses menjadi big data bagi penanganan COVID-19 secara digital, oleh Kementerian Kesehatan akan digunakan untuk pendataan imunisasi secara digital. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Menteri Kesehatan, Budi Gunawan Sadikin, kemarin (12/5).

Dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Menkes menilai upaya digitalisasi data imunisasi ini akan memudahkan orang tua untuk mengakses data imunisasi anak setiap saat, bahkan sampai belasan tahun kedepan tanpa perlu khawatir hilang, tercecer ataupun rusak, seperti kartu atau buku KIA yang selama ini digunakan untuk mencatat data imunisasi anak.

Sukses besar aplikasi PeduliLindungi dalam mendigitalisasi data penanganan COVID-19 akan diterapkan dalam imunisasi balita, hal ini adalah terobosan besar dalam dunia kesehatan Indonesia, dan akan menjadikan layanan kesehatan di Indonesia yaitu imunisasi balita semakin baik. (SA)


Dipost : 2022-05-14 22:02:08 | Dilihat : 459