Sedang Tidak Musim Hamil Di Desa Johorejo

KENDAL, Senin, 14 November 2022.

"Sedang tidak musim hamil", celetuk Kaswan, Kepala Dusun Johorejo 1, mengetahui jumlah ibu hamil yang hadir di Kelas Ibu Hamil Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal pagi ini di Balai Desa setempat hanya sebanyak 4 orang.

Baca Juga : Kelas Ibu Hamil Desa Johorejo, Berlangsung Dalam Kesederhanaan 

Walaupun hanya berjumlah 4 orang, kegiatan Kegiatan Kelas Ibu Hamil Desa Johorejo kali ini tampak sangat serius karena salah satu pemateri, Wiwin Winarti, petugas gizi dari Puskesmas Gemuh 2 memaparkan materi dengan penuh semangat dan ekspresif.

Materi yang disampaikannya pun begitu padat dan detail. Wiwin antara lain mengatakan bahwa yang harus dilakukan seorang Ibu saat hamil adalah : Pertama, menjaga konsumsi makan sesuai dengan jumlah dan komposisi zat gizi yang seimbang dengan porsi makan kecil tapi sering. Kedua, memeriksakan kehamilan minimal 4 kali selama kehamilan ke dokter atau bidan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin. Ketiga, minum tablet tambah darah, 1 butir sehari yang digunakan untuk pertumbuhan janin dan mencegah anemia pada ibu.

Baca Juga : Ibu Hamil Wajib Imunisasi Tetanus 

Keempat, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan menghindari kopi, hindari makanan berpengawet. Kelima, hindari minum obat, jamu kemasan kering ataupun obar tradisional tanpa resep dari dokter, karena kandungan pada obat/ jamu dapat mempengaruhi perkembangan janin. Keenam, mengikuti kelas ibu hamil yang bertujuan mendapatkan referensi pengetahuan kesehatan tentang ibu hamil, bayi, IMD (Inisiasi Menyusu Dini), ASI dan lainnya.

"Jangan lupa melakukan perawatan payudara untuk menjamin keberhasilan pemberian ASI", imbuh Wiwin diakhir keterangannya.

Berdasarkan pantauan redaksi, yang bertugas di kegiatan kelas ibu hamil hari ini, 2 petugas Puskesmas, 1 kader KPM, 1 kader TPK dan 2 kader Posyandu. (SA).


Dipost : 2022-11-14 16:57:51 | Dilihat : 38