A. DESK LAYANAN INFORMASI PUBLIK
Untuk memenuhi dan melayani Permohonan dan kebutuhan Pemohon informasi publik, PPID Desa Johorejo memberikan layanan langsung melalui desk layanan Informasi Publik di Kantor Desa Johorejo, Jl. Asri RT 03 RW 01 Desa Johorejo Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Selain itu PPID Desa juga memberikan layanan tidak langsung melalui media antara lain :
Website Desa : johorejo.desa.id
Whatsapp Warga : 0817292422
Email : pemdesjohorejo@gmail.com
B. PROSEDUR PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
Untuk melaksanakan pelayanan informasi perlu didukung oleh Front Office dan Back Office yang baik.
Front Office, meliputi:
1. Desk Layanan Langsung
2.Desk Layanan Langsung Melalui Media
Back Office, meliputi:
1. Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi
2. Bidang Pengelola Data dan Klasifikasi Informasi
3. Bidang Pengaduan dan Fasilitasi Sengketa Hukum
C. WAKTU DAN PELAYANAN INFORMASI
Layanan permohonan informasi pada PPID Desa Johorejo dilaksanakan pada hari kerja, mulai Senin sampai dengan Jumat, dengan ketentuan waktu sebagai berikut:
Senin-Kamis
Jam Layanan : 07.30 WIB – 14.00 WIB
Istirahat : 12.00 WIB – 12.30 WIB
Jumat
Jam Layanan : 07.30 WIB – 11.00 WIB
D. MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK DI PPID DESA JOHOREJO
1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir Permohonan informasi dengan melampirkan fotocopy KTP Pemohon dan Pengguna Informasi;
2. Petugas memberikan Tanda Bukti Penerimaan Permohonan Informasi Publik kepada pemohon informasi;
3. Petugas memproses Permohonan pemohon sesuai dengan formulir Permohonan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon;
4. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan PPID Desa menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dan
5. Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada pemohon/pengguna informasi publik.
E. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
Proses penyelesaian untuk memenuhi Permohonan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
1. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya Permohonan. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada di bawah penguasaannya atau tidak. PPID Desa dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja
2. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi publik dilakukan secara langsung melalui email ataupun jasa pos.
F. BIAYA TARIF
1. PPID Desa Johorejo tidak memungut biaya untuk akses Informasi melalui Papan Pengumuman, Media Sosial dan website yang tersedia.
2. Pemohon Informasi dipungut biaya untuk Informasi yang berbentuk Hardcopy/Fotocopy dan jilid, disesuaikan dengan harga yang berlaku di seputaran Desa Johorejo.