Johorejo - Nikmat Rizki Ramadhan

Nikmat Rizki Ramadhan

KENDAL, Jumat, 21 April 2023.

Sore kemarin, (Kamis, 20/4/2023) atau H-2 Lebaran/Idul Fitri 1444 H, situasi pinggir jalan depan Masjid Nurul Huda Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal tidak seranai biasanya.

Ada apa di pinggir jalan depan Masjid Nurul Huda Desa Johorejo?

Selama Ramadhan lokasi tersebut menjadi destinasi dadakan para penjual (hari biasa berjualan keliling) berkumpul menjajakan dagangnya. Sebenarnya hanya ada 4 pedagang yang ada di situ, tetapi karena di lokasi yang sangat strategis, yakni di tepi jalan raya Tlahab - Gemuh, tempat tersebut ramai dikunjungi pembeli.

Empat pedagang di sana, yang pertama, M. Lazim menjual gorengan (gorengan tahu, mendoan, bakwan, sosis dan empek-empek),  sedangkan Bahrul Amiq menjual es, dan 2 pedagang lainnya menjajakan bakso dan sate ayam.

Yang perlu dicatat, lokasi tersebut sifatnya hanya musiman dan khusus di Bulan Ramadhan. Pertanyaannya walaupun musiman justru sangat ramai? Berikut analisanya.

Pertama, jadwal makan saat puasa/Ramadhan terkonsentrasi di saat buka dan sahur. Pada saat sebelum itu, khususnys sebelum buka puasa, masyarakat berbondong-bondong atau secara bersamaan mencari makanan untuk santap buka puasa, maka tidak salah selama puasa, lokasi jual beli makanan dimanapun selalu ramai karena pembeli datang secara bersamaan.

Kedua, jenis makanan/minuman yang paling diburu untuk buka puasa biasanya es dan goreng-gorengan, sehingga pedagang yang menjual es dan gorengan biasanya paling ramai bahkan pembeli rela antre untuk mendapatkannya. Lokasi di pinggir jalan depan Masjid Nurul Huda Desa Johorejo juga menjual kedua jenis makanan dan minumann yang diburu tersebut 

Ketiga, lokasi di pinggir jalan depan Masjid Nurul Huda adalah lokasi yang sangat strategis, jalan utama baik menuju atau kembali dari Gemuh ke Tlahab, sehingga bisa menjadi tempat "jujugan" untuk mencari makanan dan minuman menjelang buka puasa sekali tempat hangout atau cuci mata atau biasa disebut tempat ngabuburit.

Keempat, harga super murah khas Desa. Makanan dan minuman yang dijual di tempat tersebut rasanya tetap enak walaupun sangat murah, contoh 3 buah gorengan hanya dibanderol Rp.2000. 

Begitulah berkah Ramadhan, semua kecipratan berkahnya, baik penjual maupun pembelinya. Bagi penjual mendapat berkah Rizki, bagi pembeli mendapatkan berkah kemudahan untuk mendapatkan makanan untuk berbuka puasa. (SA).


Dipost : 2023-04-21 08:27:10 | Dilihat : 245

Share :