Johorejo - Cuaca Menyengat Saat Lebaran 2023

Cuaca Menyengat Saat Lebaran 2023

KENDAL, Minggu, 23 April 2023.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini, tepatnya Hari Sabtu, 22 April 2023 sampai dengan H+1, saat tulisan ini diturunkan, harus dirayakan dengan cuaca yang tidak biasa, yakni cuaca yang cukup panas menyengat, khususnya di daerah Pantai Utara Kabupaten Kendal, Semarang, Denak, Jepara dan Pati.

Kondisi tersebut cukup dikeluhkan warga karena cuaca yang panas sedikit mengganggu suasana silaturrahim yang sedang dilakukan warga menyambut Idul Fitri.

Pengakuan beberapa warga, mereka terpaksa menyiasati waktu berkunjung dengan memilih waktu pagi hari atau agak sore atau malam hari sekalian, karena setelah pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB cuaca sangat panas dan membuat gerah walaupun di dalam ruangan sekalipun.

Pantauan redaksi johorejo.desa.id di IG BMKG, puncak suhu dibeberapa daerah minimal 36 derajat dan ada yang mencapai 37,2 derajat. Angka suhu yang terbilang tinggi untuk ukuran di Indonesia sekalipun.

Menurut BMKG ada beberapa faktor penyebab cuaca panas dalam beberapa hari terakhir ini. Pertama, adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa. Kedua, terjadinya gelombang panas di Asia. Ketiga, Adanya tren pemanasan global dan perubahan iklim. Keempat, Dominasi monsun Australia, Indonesia memasuki musim kemarau dan Kelima intensitas maksimun radiasi pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan 

Menghadapi kondisi cuaca yang menyengat akhir-akhir ini, BMKG menghimbau masyarakat untuk mengindari aktifitas di bawah matahari langsung khususnya pada waktu puncak suhu harian yakni jam 10.00 sampai 14.00 WIB. (SA).


Dipost : 23 April 2023 | Dilihat : 437

Share :