Johorejo - Haflah Akhirussanah MDT Ula NU 09 dan MDT Wustha NU 02 Darun Naim Johorejo

Haflah Akhirussanah MDT Ula NU 09 dan MDT Wustha NU 02 Darun Naim Johorejo

KENDAL, Minggu, 20 Maret 2022

Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Ula NU 09 Darun Naim dan MDT Wustha NU 02 Darun Naim Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal mengadakan rangkaian haflah akhirussanah pada Jumat-Sabtu, 18-19 Maret 2022.

Pada Jumat hingga Sabtu siang, seluruh santri mengikuti imtihan atau lomba-lomba masing-masing kelas yang ditampilkan ke wali santri dan masyarakat umum 

Acara puncak dilaksanakan Sabtu malam (19/3) dengan pelaksanaan prosesi wisuda santri MDT Ula NU 09 dan MDT Wustha NU 02 Darun Naim Desa Johorejo serta pengajian umum 

Wisudawan MDT Ula NU 09 tercatat sebanyak 27 santri sedangkan MDT Wustha NU 02 Johorejo mewisuda 6 santri 

Dalam sambutannya, Kepala MDT Ula NU 09 Darun Naim Johorejo, H. Zainuddin, S.Pd.I.,M.Pd. mengatakan bahwa acara wisuda yang merupakan rangkaian haflah akhirussanah adalah arahan FKDT Provinsi agar setiap MDT bisa melaksanakan wisuda dengan menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Zainudin mengatakan bahwa wisudawan-wisudawati MDT Ula NU 09 berhasil meraih prestasi maksimal dalam ujian madrasah, 10 besar nilai terbaik se Kecamatan Gemuh semuanya disabet santri MDT Ula NU Johorejo.

"Saya berharap kepada para santri untuk ngreksa ilmu yang diperoleh di madrasah, jangan sampai hilang. Hafalan Surat Yasin yang merupakan syarat kelulusan MDT Ula jangan sampai lupa hafalannya", tuturnya.

Masih menurut Zainudin, para santri dan wali santri harus bangga bahwa madrasah yang merupakan bagian dari pesantren sudah mempunyai payung hukum berupa Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Sementara itu, K.H. Fathurrahman Al Hafidz dalam mauidzah hasanahnya sebagai Rois Syuriah PR NU Desa Johorejo menyoroti bahaya ajaran salafi Wahabi, yang selalu menyalahkan amaliah Ahlussunah wal Jamaah ala Nahdliyah.

"Mati urip tetep NU, mari urip tetep NU", ucap Kyai Fatkhur menyemangati jamaah yang hadir.

Kyai Abdul Rozak dalam pengajian umum menekankan pentingnya ilmu agama bagi anak-anak untuk membentuk pribadi yang berakhlaqul karimah dan bekal dunia akhirat. (SA).


Dipost : 19 Maret 2022 | Dilihat : 839

Share :

s