Johorejo - KEJAR TAYANG PENYUSUNAN APBDESA 2020

KEJAR TAYANG PENYUSUNAN APBDESA 2020

johorejo.desa.id Mendekati Bulan Desember Tahun 2019, Pemerintah Desa Johorejo dibantu Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) menyusun RAB dan input Siskuedes untuk APBDesa Tahun Anggaran 2020.

Kesibukan tampak setiap malam di Balai Desa Johorejo, jam kerja di siang hari dirasa tidak cukup, karena terselingi kewajiban seperti pelayanan administrasi dan tugas rutin lain sesuai Tupoksi masing-masing perangkat desa. "Tugas perangkat desa banyak, belum lagi kalau ada undangan dari dinas dan instansi terkait," kata Lutfil Adib, Kaur Perencanaan.

Menurut Adib, rutinitas lembur penyusunan APBDesa di Balai Desa terjadi setiap tahun dan dilaksanakan secara kolektif agar cepat selesai. "Target tanggal 10 Desember sudah presentasi APBDes dihadapan BPD dan Kecamatan," tambahnya.

Setyo Wibowo, Kaur Umum dan TU mengatakan jika kehadirannya setiap malam di Balai desa selain untuk mendampingi lembur koleganya juga karena tugas input Prosedel yang menjadi tanggungjawabnya. "Pokoknya kita bersama-sama untuk menyelesaikan tugas," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Romadhon selaku Kasi pemerintahan menjelaskan bahwa penyusunan APBDesa Johorejo dibantu KPMD, khususnya dalam penyusunan RAB fisik, "penyusunan RAB fisik di Desa Johorejo melibatkan kader desa atau potensi desa, tidak ndandakke di tempat lain." kelakarnya sambil tersenyum.

Pantauan redaksi pada Senin, (25/11), terlihat Akhmad Khoerudin dan Restu Hari Mursito ikut lembur di Balai Desa membantu Pemdes Johorejo menyusun APBDesa yang harus disahkan maksimal akhir Desember 2019. (SA).


Dipost : 26 November 2019 | Dilihat : 728

Share :