Johorejo - Mudik Asyik, Mudik Dengan Hati-Hati

Mudik Asyik, Mudik Dengan Hati-Hati

Ilustrasi suasana pegunungan 

KENDAL, Selasa, 18 April 2023.

Lebaran sebentar lagi, lebaran kurang dari 4 hari lagi, (kemungkinan) 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Masyarakat akan bersuka cita merayakannya, salah satunya dengan kembali ke udik (Desa) atau lazim disebut mudik.

Tahun 2023 ini, menurut Kementerian Perhubungan RI, akan ada 123 juta orang melakukan perjalanan mudik, baik mudik lokal (antar kota di dalam provinsi) atau antar provinsi bahkan antar pulau.

Berbagai macam moda transportasi digunakan, di darat misalnya menggunakan mobil pribadi, kendaraan umum, bahkan banyak juga yang menggunakan sepeda motor sebagai pilihan. Sedangkan di udara dan laut dipastikan menggunakan pesawat udara maupun kapal laut.

Esensi mudik adalah pulang ke kampung halaman untuk bertemu orang tua, saudara, kerabat, sanak saudara, handai taulan, teman lama dan tetangga dalam rangka silaturahim menyambung tali persaudaraan dengan menggunakan momentum Idul Fitri.

Dari esensi di atas, maka mudik haruslah mudik yang menggembirakan, mudik yang dijalani dengan asyik, mudik yang menyenangkan bagi pelakunya baik saat berangkat, di perjalanan, sesampainya di kampung halaman, saat bersilaturahim dan tentunya saat kembali lagi ke rumah.

Maka dari itulah diperlukan persiapan yang matang, agar mudik yang dilakukan tidak mengalami kendala yang berarti. Persiapan pertama tentunya menyangkut logistik (finansial) karena tanpa finansial yang cukup maka mudiknya terancam gagal. Persiapan selanjutnya adalah pilihan moda transportasi, ini juga tergantung kondisi finansial.

Setelah semuanya siap, perlu menyiapkan fisik dan mental agar selama perjalanan mudik dan kembali dari mudik dalam kondisi yang prima. Jangan lupa direncanakan dengan matang jangka waktu perjalanan mudik dikaitkan dengan kondisi finansial dan jadwal pekerjaan pascalebaran 

Selamat mudik asyik, pilihlah moda transportasi yang aman dan nyaman, hindari mudik dengan menggunakan sepeda motor karena sangat berbahaya. Fakta membuktikan, kecelakaan mudik didominasi sepeda motor, jangan sampai niat baik untuk silaturahim saat mudik malah berujung celaka. (SA).


Dipost : 18 April 2023 | Dilihat : 397

Share :