Johorejo - Dapat P3-TGAI Lagi, Desa Johorejo Tabrak "Tradisi"

Dapat P3-TGAI Lagi, Desa Johorejo Tabrak "Tradisi"

KENDAL, Kamis, 1 Juni 2023.

Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal tahun anggaran 2023 ini kembali mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR).

Yang berarti sudah empat kali mendapatkan bantuan P3-TGAI setelah sebelumnya menerima bantuan pada tahun 2018, 2020 dan 2022.

Khusus tahun 2023 ini bantuan P3-TGAI dianggap berbeda secara "tradisi" karena bantuan P3-TGAI biasanya 2 tahun sekali, tetapi kali ini kembali mendapatkan lagi setelah tahun kemarin juga mendapatkan bantuan yang sama 

Hal tersebut terungkap dalam Sosialisasi P3-TGAI untuk Desa Johorejo yang dilaksanakan pada Senin (29/5/2023) kemarin di Balai Desa Johorejo, sebagaimana yang diucapkan Ketua kelompok pengguna air Desa Johorejo, Lutfil Adib.

Acara yang dihadiri Kepala Desa Johorejo, Perangkat Desa, Pendamping P3-TGAI, Ketua BPD, Ketua Kelompok Tani di Desa Johorejo, dan Petani penggarap dari Blok Sekracan Desa Johorejo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Johorejo.

Sosialisasi berlangsung gayeng karena para Petani yang diundang tidak hanya pasif mendengarkan sosialisasi tetapi juga secara aktif memberi masukan dan saran.

Salah satu saran diberikan Subakir, Petani penggarap di Blok Sekracan, sekaligus Mantan Kepala Desa Johorejo yang mengatakan bahwa pengerjaan P3-TGAI harus konsisten sesuai dengan jalur air yang dipakai petani selama ini, jangan terlalu berkompromi dengan pemilik lahan yang biasanya mau enaknya sendiri.

Menyikapi saran tersebut, pendamping P3-TGAI dan ketua P3AI Desa Johorejo menyarankan agar setekah selesai sosialisasi dilakukan peninjauan lapangan dan pematokan awal, yang dilaksanakan pemerintah desa dan petani. (SA).


Dipost : 01 Juni 2023 | Dilihat : 277

Share :