Johorejo - BINTEK PPDP PILKADES JOHOREJO 2020

BINTEK PPDP PILKADES JOHOREJO 2020

johorejo.desa.id Menjelang pelaksanaan Pilkades serentak 2020, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Johorejo memberikan Bimbingan Teknis (Bintek) kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Jumat siang, (6/12) di Balai Desa Johorejo.

Ketua P2KD, Sukron Adin menyatakan bahwa pemutakhiran data pemilih akan dilaksanakan 13 Desember 2019 - 8 Januari 2020. Dia mengharapkan PPDP yang telah ditetapkan pada (4/12) dapat bekerja dengan maksimal, "jangan hanya bekerja di belakang meja saja tapi harus door to door," katanya.

"Yang di belakang meja saat menulis, tapi coklitnya harus masuk ke rumah calon pemilih," tambahnya.

Menurut pria yang juga Sekdes tersebut, Pilkades Johorejo terdiri dari 3 wilayah pemilihan, wilayah 1 meliputi RT 01, 02, 03 RW 01 dan sebagian RT 01 RW 02. Untuk wilayah 2 terdiri dari RT 04, 05 RW 1 dan sebagian RT 03 RW 02, terakhir wilayah pemilihan 3, yaitu RT 02, 04, 05 RW 02, sebagian RT 01 RW 02 serta sebagian RT 03 RW 02. "Wilayah pemilihan sebagai dasar pembentukan TPS, jadi TPS di Johorejo berjumlah 3," terangnya.

Dalam kesempatan bintek tersebut, Restu Hari Mursito, anggota P2KD yang menangani data pemilih dan rekapitulasi suara, menerangkan tentang tahapan pemutakhiran data. Dia menjelaskan bahwa ketentuan pendaftaran pemilih mengacu pasal 22 Perbup Kendal No. 59 Tahun 2019.

Masih menurutnya ketentuan pemilih adalah yang berusia 17 tahun saat pemungutan suara atau sudah menikah/pernah menikah, kemudian sedang tidak terganggu jiwanya, sedang tidak dicabut hak pilihnya dan terakhir berdomisili selama 6 bulan di desa yang ditunjukkan dengan KTP-el.

"Dalam (aturan) Pilkades sekarang, tidak ada penambahan pemilih setelah penetapan DPT, maka pendaftaran yang anda lakukan harus teliti," himbaunya kepada peserta bintek.

Mengakhiri bintek, PPDP yang terdiri dari Muhamad Isro, petugas wilayah 1, Siti Mubarokah, untuk wilayah 2, serta Lutfil Adib, sebagai PPDP di wilayah 3, diperlihatkan data pemilih yang bersumber dari DPT Pemilu terakhir, formulir pendataan dan stiker, yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pendaftaran pemilih.

Ketua BPD terpilih, Rozikin, S.Pd.I, saat memberikan sambutan penutup, mengharapkan keikhlasan PPDP dalam bekerja. "Kalau ada bayarannya Alhamdulillah, kalau tidak ada anggap saja beramal," guraunya sambil tersenyum. (SA)


Dipost : 06 Desember 2019 | Dilihat : 1006

Share :