Johorejo - Begitu Pentingnya Posyandu

Begitu Pentingnya Posyandu

KENDA, Minggu, 4 Juni 2023.

Salah satu cara Negara agar warganya sehat dan terhindar dari beberapa penyakit adalah dengan pemberian imunisasi kepada balita, seperti imunisasi polio untuk mencegah polio, imunisasi DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis dan tetanus, dan imunisasi campak supaya balita terhindar dari penyakit campak serta imunisasi BCG sebagai pencegah penyakit TBC.

Negara memberikan imunisasi dasar tersebut secara gratis karena kalau dilepas pada mekanisme pasar atau tanpa subsidi gratis dari pemerintah, dipastikan tidak banyak warga negara yang mampu menyukupi kebutuhan imunisasi karena harganya yang sangat mahal.

Layanan dari pemerintah untuk memberi imunisasi dasar gratis memerlukan mekanisme dan media penyaluran yang tepat sehingga bisa efektif dan efisien menyentuh dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat khususnya yang ada di daerah perdesaam atau terpencil.

Posyandu adalah media yang tepat untuk mendiskusikan dan memberikan imunisasi kepada balita ke seluruh pelosok negeri karena lembaga Posyandu telah terbentuk dan berjalan secara baik di seluruh Indonesia.

Upaya dan usaha pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan khususnya pemberian imunisasi kepada balita agar terhindar dari ancaman penyakit mendapatkan media dan sarana yang cocok yakni Posyandu. Posyandu yang "bekerja" untuk balita sangat cocok juga sebagai lembaga untuk memberi imunisasi kepada balita.

Di Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, kemarin (5/6/2023), Posyandu Pos 1 Sendang Asih Poncogati juga telah mempraktekkan mekanisme tersebut. Selain melaksanakan kegiatan rutin penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan pemberian makanan tambahan (PMT) juga memberikan imunisasi kepada balita.

Posyandu telah memainkan peranan penting yakni sebagai tangan panjang Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara melalui layanan kesehatan. Posyandu juga mempunyai keunggulan berupa keterjangkauan tempat dan waktu karena begitu dekat dengan masyarakat.

Sinergitas ini harus selalu dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan. (SA).


Dipost : 04 Juni 2023 | Dilihat : 132

Share :