Johorejo - Belanjakan Bansosmu Dengan Bijak!

Belanjakan Bansosmu Dengan Bijak!

KENDAL, Kamis, 21 April 2022.

Bulan Maret sampai dengan Bulan April sekarang ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Indonesia menerima gelontoran berbagai macam bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah.

Tercatat ada Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT Desa, BLT minyak goreng, Kartu Pra Kerja, BLT bagi nelayan dan pedagang kecil yang disalurkan TNI/Polri sampai dengan (rencananya) Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk karyawan dengan gaji dibawah 3,5 juta.

Sedemikian banyak bansos yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan oleh KPM sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian bansos yaitu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Di samping itu, pemanfaatan bansos harus digunakan secara bertanggungjawab bukan untuk membeli kebutuhan yang tidak tepat seperti rokok atau pulsa.

Mengutip dari akun Twitter Kementerian Sosial @KemensosRI, uang yang didapat dari bansos sebaiknya dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan antara lain :

1. Kebutuhan bahan pokok 

Uang yang didapat dari bansos seyogyanya dibelanjakan untuk membeli bahan pokok seperti beras, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kebutuhan pokok adalah kebutuhan paling dasar. Sudah seharusnya bansos dari pemerintah dimanfaatkan untuk menyukupi kebutuhan dasar, bukan untuk foya-foya.

2. Belanja kebutuhan kesehatan 

Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan badan yang sehat, dengan badan yang sehat kita bisa bekerja atau mencari nafkah. Bansos dari pemerintah bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan dalam rangka menjaga kesehatan yaitu membeli susu, vitamin, masker dan lain sebagainya.

3. Berobat dan pemeriksaan kesehatan 

Jika badan sudah terlanjur sakit, bansos dari pemerintah dapat dimanfaatkan untuk berobat dan memeriksakan kesehatan. Sebelum sakit lebih parah maka berobat dan memeriksakan kesehatan sebagai upaya preventif akan lebih baik. 

4. Keperluan sekolah anak 

Sungguh bijaksana jika bansos yang diterima dari pemerintah dimanfaatkan untuk keperluan sekolah anak seperti membeli buku, alat tulis maupun biaya sekolahnya. 

5. Tambahan modal atau dan ditabung 

Bansos dari pemerintah sangat baik jika dikembangkan untuk tambahan modal usaha, sehingga pada gilirannya jika sudah sukses, akan menjadi warga negara yang keluar dari kemiskinan dan tidak memerlukan bansos lagi.

Semoga KPM bisa memanfaatkan bansos dari pemerintah secara bijaksana sehingga dapat mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Semoga. (SA).


Dipost : 21 April 2022 | Dilihat : 573

Share :