Johorejo - Kelas Ibu Hamil Desa Johorejo Bulan Juli

Kelas Ibu Hamil Desa Johorejo Bulan Juli

KENDAL, Kamis, 13 Juli 2023.

Kegiatan Kelas Ibu Hamil Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal hari ini (13/7/2023)i diisi oleh Bidan Siti Amaliyah dari Puskesmas Gemuh II

Adapun materi yang disampaikan yakni perlunya aktivitas fisik dan latihan fisik.

Menurut Amaliyah, Ibu hamil yang sehat dapat melakukan aktivitas fisik sehari-hari dengan memperhatikan kondisi ibu dan keamanan janin yang dikandungnya.

"Seyogyanya suami membantu istrinya yang sedang amil untuk melakukan pekerjaan sehar-hari", tuturnya dalam kesempatan tersebut.

Masih menurutnya, aktivitas Fisik dilakukan maksimal selama 30 menit dengan Intensitas ringan sampai sedang dan menghindari gerakan-gerakan yang membahayakan seperti mengangkat benda-benda berat, jongkok lebih dari 90 derajat.dan sejenisnya.

"Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengikuti senam Ibu hamil sesuai anjuran petugas kesehatan", imbuhnya.

Adapun manfaat aktivitas fisik dan latihan fisik bagi Ibu hamil antara lain untuk  mencegah stres, mempertahankan kondisi tubuh, mencegah nyeri punggang, memperlancar persalinan, membantu perumbuhan ari-ari, memperbaiki postur tubuh, agar hamil lebih rileks, cegah sembelit, dan menjaga berat badan bayi sehingga bisa lahir normal.

Kegiatan kelas ibu hamil tersebut, 6 orang ibu hamil, bidan desa, kader Posyandu dan 5 orang mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang.

Di akhir kegiatan, ibu-ibu hamil mendapatkan pemeriksaan kehamilan dari Bidan Siti Amaliyah, kemudian ditutup dengan makan siang yang disediakan Puskesmas Gemuh II. (SA).


Dipost : 13 Juli 2023 | Dilihat : 255

Share :