Johorejo - Lima Pilihan Minuman Untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Lima Pilihan Minuman Untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

repro @DistabunJateng

KENDAL, Minggu, 10 April 2022.

Dalam tulisan sebelumnya, redaksi johorejo.desa.id menurunkan tulisan pentingnya mengkonsumsi air putih 8 gelas/2-3 liter per hari saat puasa agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga : Walaupun Ramadhan, Tubuh Harus Tetap Terhidrasi

Karena puasa, maka perlu dipilih waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya, yaitu minum satu gelas air saat buka puasa, sebelum makan malam, setelah makan malam, setelah salat tarawih, sebelum tidur, sesaat bangun tidur sebelum sahur,  dan sesudah sahur.

Topik tulisan kali ini adalah, lima pilihan minuman untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. 

Dikutip dari akun Twitter @DistabunJateng, ini lima pilihan minuman tersebut :

1. Air Mineral

Orang dewasa disarankan untuk meminum 2-3 liter air atau 8 gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Air mineral baik untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan menghindarkan dari sembelit saat puasa.

2. Infused water 

Adalah air yang dicampur dengan potongan-potongan buah-buahan dan rempah-rempah yang bisa membantu memberi tambahan energi pada orang berpuasa, menurunkan berat badan dan meningkatkan mood positif.

3. Jus buah 

Pilihan minuman enak dan sehat yang bisa membantu menghindarkan kita dehidrasi saat berpuasa adalah jus buah. Buah yang pada dasarnya kaya serat bisa juga membantu kita menahan rasa lapar saat puasa. Saat membuat jus buah disarankan tidak perlu menambah gula.

4. Susu tanpa gula tambahan 

Susu adalah sumber kalsium, natrium dan kalium yang bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa. Konsumsi susu secukupnya tidak boleh berlebihan dengan tidak menambahkan gula saat mengkonsumsinya.

5. Air kelapa 

Air kelapa mengandung kalium, natrium.dan magnesium yang merupakan jenis elektrolit yang bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Air kelapa sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa, selain membantu mengganti cairan tubuh yang hilang karena berpuasa seharian penuh, juga bisa membantu menjaga kadar air dalam tubuh.

Semoga bermanfaat, dan semoga puasa kita mengantarkan kita menjadi orang yang bertaqwa. (SA).


Dipost : 10 April 2022 | Dilihat : 2140

Share :

s