Johorejo - Menggali Potensi Cuan

Menggali Potensi Cuan

KENDAL, Selasa, 21 Mei 2024.

Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal mulai akhir tahun 2023 telah memiliki lokasi penjemuran hasil pertanian (jagung, padi dll), berlokasi di Blok Pertanian Sasem RT 05 RW 02 Desa Johorejo.

Menghabiskan anggaran lebih dari Rp.171.000.000 (seratus tujuh puluh satu juta rupiah) di atas tanah + 1000 m2, tempat penjemuran hasil pertanian tersebut telah dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Makmur Desa Johorejo.

Menilik potensi hasil pertanian di Desa Johorejo yang didominasi Jagung dan Padi, tempat penjemuran tersebut memberikan dampak signifikan bagi warga atau pedagang hasil pertanian untuk memanfaatkan lokasi tersebut, terlebih dari informasi yang diperoleh dari pengelola BUMDes, biaya sewah Rp 20.000/ton jagung kering.

Keberadaan lokasi penjemuran hasil pertanian tersebut memberikan opsi kepada warga Desa Johorejo yang selama ini menjemur hasil pertaniannya di jalan desa bisa berpindah ke lokasi yang aman dan nyaman dari lalu lalang warga, sepeda kendaraan bermotor bahkan mobil.

Terlepas dari itu semua, Pemerintah Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal beberapa tahun terakhir berupaya keras memanfaatkan potensi dan membangun beberapa jenis usaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD), walaupun secara instan belum terlihat.

Butuh kerjasama dan dukungan dari seluruh fihak di Desa Johorejo agar niatan dari Pemerintah Desa untuk meningkatkan PAD nya dapat terlaksana.


Dipost : 21 Mei 2024 | Dilihat : 90

Share :